Tutorial Membuat Backlight Monitor | GAZEBO

Tutorial Membuat Backlight Monitor











Sangat sulit bukan jika kita harus menatap layar monitor komputer / laptop selama berjam jam pada malam hari, dengan sedikitnya pencahayaan dari ruang kerja di kantor maupun di rumah. Oh iya, ini juga bisa diletakkan dibelakang TV anda untuk tampilan kerennya.

Ya mungkin Backlight Monitor ini salah satu alternatif nya. Backlight Monitor ini tentunya dapat mengurangi lelahnya mata akibat kurangnya pencahayaan (yang awalnya cahaya didapat hanya pada tampilan monitor saja), Cahaya bias tentu saja dapat mengurangi keregangan mata.



Nah disini akan membahas cara pembuatan Backlight Monitor / TV, yang tentunya dengan harga yang terjangkau :

- Pertama kita siapkan bahan-bahannya dulu (bahan juga bisa didapat dari perangkat elektronik bekas yang sudah tidak terpakai) : Kabel Bekas yang ada colokannya / steker, Saklar (Buat mati dan hidupin si lampu), rumah lampu / Kap Lampu, dan komponen utamanya adalah Lampu. Lampu dapat menggunakan Bohlam yang berwarna / Lampu Aquarium yang berwarna (sesuain Budget anda dan penggunaan listrik).

Kabel Bekas (+Steker)
Rumah Lampu / Kap Lampu


Lampu Berwarna
Lampu Aquarium


- Untuk Alat nya sediakan juga : Tang Potong, Isolasi, Gunting, dan Obeng + / -
Nah bahan dan alat sudah terkumpul. Selanjutnya adalah langkah-langkah pemasangannya

- Potong Kabel dengan panjang menurut perkiraan anda (dari sumber listrik / stop kontak sampai ke belakang monitor / TV anda). Bisa dibuat paralel dengan kombinasi 2 lampu atau lebih. Pasang kabel tadi ke saklar lampu (Bisa menggunakan bisa tidak), lalu pasang ujung kabel ke Kap Lampu / Rumah lampu, lalu isolasi biar tidak kesetrum.



- Kalau sudah jadi silahkan di coba dengan memasangkan lampu. Untuk mengetes apakah aliran listriknya aman.



- Jika Lampu sudah menyala, letakkan Rangkaian tadi ke belakang Layar Monitor TV / Komputer / Laptop anda. Pastikan letaknya aman (agar tidak kejepit dan pecah). Pemasangan letak bisa sesuai selera masing masing.




- Pemasangan seperti ini juga dapat dikombinasikan dengan Sensor dark light (saat keadaan gelap, lampu akan otomatis menyala sendiri). Cara Membuat Sensor Dark Light


Nanti Hasilnya akan seperti ini :












Sumber :
2. Kedua
Tutorial Membuat Backlight Monitor
Item Reviewed: Tutorial Membuat Backlight Monitor 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Nice Sharing. info yang berguna, bisa di coba ini...
mampir juga ya ke http://idayote.blogspot.com/
thanks...

Emoticon? nyengir

Kata-katamu mendefinisikan dirimu.. #ThinkHIGH! before post a comment

Komentar Terbaru

Just load it!