Sniper SPR-2 | GAZEBO

Sniper SPR-2


PT Pindad adalah perusahaan alutsista milik Pemerintah Indonesia. Hampir sebagian besar alutsista produksi Pindad digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI).



Varian produk alutsista yang mampu dibuat oleh Pindad berupa pistol, senapan sampai kendaraan tempur. Kualitas produk industri pelat merah ini pun sudah mulai diakui dunia.



Tak hanya itu, senjata buatan Pindad yakni senapan sniper SPR-2 yang dipakai oleh Kopassus menjadi buah bibir di dunia internasional. Ternyata, senapan sniper canggih ini tak bisa dibuat oleh sembarang negara.


Sniper SPR-2 yang dipamerkan di JIExpo Kemayoran

Senapan sniper SPR-2 ini pertama kali secara publik dipamerkan di Indo Defense 2014 Expo & Forum yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan di JIExpo Kemayoran, Jakpus, Rabu (5/11/2014). Senjata ini ditakuti karena memiliki peluru yang mampu menembus lapis baja termasuk kendaraan tempur dengan jenis tank.

"Sniper SPR-2 jarak tembaknya bisa sampai 2 km, dan sangat diketahui oleh banyak negara, termasuk negara maju. Pelurunya yang ditakuti namanya 12,7 mm anti material," ujar Humas Pindad, Sena Maulana di stan Pindad.
Peluru anti material ini bisa menembus lapisan baja. Dan saat peluru ditembakkan dan menembus material, peluru tersebut akan terbakar lalu meledak di lokasi sasaran tembak (didalam target tembakan).

"Banyak dipakai pasukan kita seperti Kopassus, Kavaleri. Hampir semua pengunjung dari asing yang datang melihatnya senjata ini karena sudah didengar di dunia Pindad punya unggulan ini," kata Sena.

Pameran alutsista internasional ini digelar hingga tanggal 8 November 2014. Namun pameran ini baru dibuka untuk umum di hari terakhir, dan pada tanggal 7 November 2014, pengunjung yang hadir merupakan stake holder industri alat pertahanan.

"Kita peserta pameran saling mengunjungi untuk melihat produk masing-masing," ucap Sena.

Seorang peneliti dari Universitas Indonesia yang hadir di pameran, Egalita mengaku kagum dengan teknologi alat pertahanan dari dalam dan luar negeri yang dipamerkan dalam acara ini. Ia pun berharap agar ke depan Pindad sebagai salah satu produsen dalam negeri bisa lebih maju lagi.

"Teknologi oke banget tapi saya berharap agar Pindad lebih besar lagi. Supaya industri dalam negerinya maju," tuka Ega di lokasi yang sama.


Fakta Unik dari Sniper SPR-2 :

1. Kurang dari 4 negara yang mampu membuat senjata ini

PT Pindad memproduksi senapan sniper SPR-2. Ternyata, jenis senapan yang juga dipakai Kopassus ini cuma mampu diproduksi oleh segelintir negara di dunia.

"Di dunia kurang dari 4 negara yang mampu buat. Itu Amerika dan Eropa, gak enak kita sebut namanya dia di sini juga," kata kadep komunikasi Pindad Sena Maulana di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (5/11).

2. Jangkauan Tembak yang Luar biasa



Kopassus dilengkapi senjata dengan senapan sniper SPR-2 buatan PT Pindad. Senjata ini memiliki jangkauan target mencapai ribuan meter.

"Senapan SPR-2 ini jangkauannya sampai 2 km. Tetapi jarak efektifnya 1 km," kata kadep komunikasi Pindad Sena Maulana di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (5/11).

Dia menyatakan sedikit sniper buatan luar negeri yang mampu bersaing dengan SPR-2. Kebanyakan sniper buatan luar negeri jangkauan targetnya di bawah SPR-2.

"Saingannya itu sniper black arrow dan truvelo. Keduanya di bawah SPR-2 jangkauannya," terang dia.
Black Arrow

Truvelo



3. Amunisi dari Sniper SPR-2 ini dapat Menembus, Membakar, dan Meledak di bagian dalam kendaraan tempur / target nya.

Senapan sniper SPR-2 buatan PT Pindad memiliki banyak sekali kelebihan. Senjata yang saat ini dipakai Kopassus ini amunisinya memiliki sifat yang terbilang istimewa.

"Waktu mengenai target amunisinya bisa memberi 3 efek sekaligus. Menembus, membakar dan meledak di dalam target dalam satu waktu," kata kata kadep komunikasi Pindad Sena Maulana di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (5/11).

Tak hanya itu, kata dia, senapan sniper SPR-2 tergolong besar dikelasnya. SPR-2 memiliki amunisi kaliber 12,7 milimeter.

"Senapan ini tergolong besar dengan kaliber 12,7 milimeter. Di pasaran biasanya cuma 5,62 milimeter," terang dia.

Amunisi Sniper SPR-2

4. Peluru / Amunisi mampu menembus tank

Jenis peluru senapan sniper SPR-2 buatan PT Pindad ditakuti banyak negara. Peluru ini mampu menembus kendaraan lapis baja sekalipun.

"Amunisinya 12,7 mm anti material. Jenis pelurunya paling ditakuti karena bisa menembus tank dan kendaraan lapis baja," kata kadep komunikasi Pindad Sena Maulana di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (5/11).

Masih menurutnya, senapan sniper SPR-2 ini berawal dari sniper SPR 2 buatan luar negeri milik TNI yang tak berani diuji coba. Kemudian Pindad berusaha menguji dan akhirnya membuat sendiri.

"Tahun 2003, TNI punya 3 pucuk dari negara lain tapi gak berani uji karena berat dan besar. Akhirnya kita uji bareng-bareng lalu kita buat sendiri tahun 2006, itu awalnya," pungkas dia.



5. Sniper ini bisa mengguncang dunia sniper Internasional


PT Pindad memproduksi senapan sniper SPR-2 untuk digunakan Kopassus. Senjata ini pun mengundang decak kagum dunia.

"Kita sedang bikin 150 pucuk (senapan SPR-2) buat Kopassus. Dunia sniper internasional sudah langsung gempar, bagaimana kalau lebih?" kata kadep komunikasi Pindad Sena Maulana di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (5/11).

Selain menciutkan nyali, menurutnya kemampuan Pindad itu membuat beberapa negara pun kepincut ingin memiliki. Saat pameran senjata 2014 (Indo Defence) kali ini banyak negara yang ingin melihat dari dekat senapan tersebut.

"Orang-orang asing juga langsung lihat ke sini. Mereka sudah denger ini, kita mampu membuat," terang dia.

Sniper SPR-2
Item Reviewed: Sniper SPR-2 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

aku yakin indonesia bisa menjadi produsen senjata militer terbaik dunia....
indonesia..BISAAAA!!!!

Aku yakin sekali, indonesia gk hanya bisa membuat senjata aja . indonesia juga bisa membuat pesawat maupun kapal. kita dukung terus militer Ad, Au dan Al indonesia . Merdeka

Note :
Tolong bantu comment ya blog ini http://newsandroidos.blogspot.com/
Thanks

Emoticon? nyengir

Kata-katamu mendefinisikan dirimu.. #ThinkHIGH! before post a comment

Komentar Terbaru

Just load it!